Meningkatkan CTR untuk Meningkatkan Pendapatan AdSense

Meningkatkan CTR untuk Meningkatkan Pendapatan AdSense

Berapa nilai CTR yang normal pada Google AdSense

Sebenarnya jumlah CTR yang normal berada di angka sekitar 1% sampai 2%. Tetapi anda sebagai publisher tidak usah khawatir menghitung nilai CTR ini. Karena nilai CTR ini mengikuti dari jumlah view per halaman dan bersifat alami atau bergatung pada visitor anda sendiri. Nilai CTR juga dipengaruhi oleh musim tertentu dan terjaidi pada hari-hari tertentu. Jika sedang ada event 12-12 atau tahun baru misalnya, kemungkinan CTR akan lebih meningkat pesat.

Bagaimana jika nilai CTR tinggi?

Jika anda memili nilai CTR yang tinggi misal lebih dari 3%, jangan khawatir hal ini tidak akan membuat anda menjadi di banned, dengan catatan klik yang terjadi adalah organik. Kecuali anda melakukan klik buatan. Seperti yang sudah dijelaskan kemungkinan terjadinya klik bersifat seasonal. Jika sudah mendekati musim-musim acara seperti tahun baru, event belanja dan lainnya. Siapkanlah artikel terbaik anda. Pastikan anda mendapatkan panen klik banyak. Pendapatan anda pastinya akan meningkat.

Bagaimana cara meningkatkan CTR Google AdSense?

Tingkatkan pengunjung / traffic website anda

Yang paling utama adalah meningkatkan jumlah pengunjung website anda secara organik. Dengan pengunjung organik tentunya nilai blog anda akan menjadi lebih tinggi. Dengan impressi yang banyak terjadi oleh banyak visitor, maka CTR pun akan mengikuti menjadi semakin tinggi pula.

Menggunakan tema yang simple dan menarik

Anda dapat menggunakan tema yang simple dan menarik tapi memiliki wilayah konten untuk iklan yang baik. Anda bisa menaruh banner iklan di tempat yang strategis untuk meningkatkan jumlah rasio klik iklan pada banner anda.

Pasang widget website seperlunya dan jangan terlalu banyak

Menggunakan widget fungsi atau hiasan pada website anda mungkin memang menarik. Tetapi ini dapat mengurangi fokus pengunjung terhadap iklan yang tampil. Iklan pun bisa jadi tidak terlihat jika anda menggunakan banyak widget yang aktif dalam satu halaman.

Gunakan tema website yang bersifat responsif (mobile-friendly)

Untuk yang satu ini, menggunakan tema responsif adalah suatu keharusan. Kebanyakan pengguna browser atau penjelajah website adalah user yang bersifat mobile. Melakukan akses internet melalui handphone. Hanya sedikit jumlah pengguna internet yang menggunakan komputer desktop untuk bekerja. Jadi website anda sangat harus mobile-friendly. Anda pun haru melakukan setting yang baik pada tampilan mobile website.

Gunakan iklan banner yang dianjurkan oleh Google

Untuk menampilkan iklan, banyak pilihan banner yang dapat dipilih oleh publisher. Jika anda merasa bingung untuk melakukan setting ukuran banner, pilihlah tipe auto untuk ads anda.

Posisi iklan harus strategis

Anda harus dapat menempatkan iklan di posisi yang strategis agar iklan dilihat oleh pengunjung dan visitor website anda melakukan klik terhadap iklan yang tayang.  Untuk versi mobile, posisi iklan haruslah Above The Fold (ATF) yang artinya iklan tampil pertama di atas lipatan halaman versi mobile. Ketika halam berhasil di load, iklan sudah muncul sebagian pada website anda minimal 1 banner.

Batasi jumlah iklan yang tampil

Menggunakan banner iklan yang sangat banyak dalam satu halaman akan membuat pendapatan anda tidak maksimal karena bid iklan yang tampil untuk website anda akan menurun. Gunakanlah maksimal 3 banner iklan dalam satu halaman sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan oleh google untuk dapat memaksimalkan pendapatan anda. Memasang iklan yang sangat banyak dapat menyebabkan pelanggaran terhadap policy yang telah ditentukan oleh google anda siap-siap saja menerima sanksi yang akan diberikan oleh google.

Dilarang menggunakan program periklanan lebih dari satu

Sebaiknya anda tidak memasang penayang iklan lain pada website yang sudah diaftarkan ke Google AdSense. Melanggar hal ini berarti anda tidak mengikuti policy yang ditentukan oleh AdSense yang dapat menyebabkan website anda tidak lagi dapat menayangkan iklan dari Google.

Image Designed by rawpixel.com / Freepik

Share to the world !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*