Jenis Iklan yang Dapat Anda Gunakan pada AdMob untuk Menampilkan Iklan

Jenis Iklan yang Dapat Anda Gunakan pada AdMob untuk Menampilkan Iklan

Untuk menampilkan iklan pada aplikasi Google memberikan pilihan untuk menyesuaikan dengan aplikasi yang telah kita buat. Iklan ini disesuaikan agar tidak menggangu pengguna aplikasi. Setiap tipe iklan memberikan pendapatan yang berbeda dalam perhitungan pendapatan.

Banner Ads

Mungkin iklan inilah yabg paling sering anda jumpai jika menggunakan aplikasi dengan fitur tersedia iklan. Iklan ini memberikan pendapatan yang banyak karena mudah dalam penampilan dan tidak menggangu user experience pengguna. Iklan ini berbentuk persegi panjang maupun persegi dengan gambar dan teks di dalamnya

Macam banner iklan admobs (aldecode.com)

Dalam menampilkan iklan banner hal yang harus anda perhatikan adalah iklan tidak boleh menutupi sebagian konten dan sebaliknya konten tidak boleh menutupi sebagian iklan.  Anda sebagai publisher dilarang untuk melakukan modifikasi apapun terhadap kode iklan untuk banner yang tampil.

Banner Size ConstantSizeDescriptionAvailability
BANNER320×50Standard BannerPhones and Tablets
LARGE_BANNER320×100Large BannerPhones and Tablets
MEDIUM_RECTANGLE300×250Medium RectanglePhones and Tablets
FULL_BANNER468×60Full-Size BannerTablets
LEADERBOARD728×90LeaderboardTablets
SMART_BANNERScreen width x 32|50|90Smart BannerPhones and Tablets

Sumber : https://developers.google.com/admob/android/banner

Interstitial Ads

Pada tipe iklan ini iklan yang muncul akan bersifat pop up setelah kejadian tertentu di dalam aplikasi. Pop up yang muncul memiliki tombol exit. Pendapatan yang diperoleh oleh iklan ini lebih besar dari iklan banner. Beberapa jenis iklan yang tampil pada jenis iklan ini adalah berupa banner dan video interstitial. Perlu diperhatikan sebaiknya interstitial tidak muncul ketika user sedang menikmati konten yang anda sajikan. Munculkanlah interstitial ketika user telah selesai membaca atau melihat konten yang anda berikan sesuai dengan aksi tertentu.

Interstitial Ads (marketingland.com)

Diperlukan koneksi internet yang baik dalam menampilkan iklan interstitial karena iklan ini mampilkan gambar atau video dengan layar penuh. Anda harus berhati-hati agar pengguna tidak kecewa dengan iklan yang tampil terlambat ketika pengguna sedang melihat atau menikmati konten anda.

Rewarded ads

Iklan rewarded ads merupakan yang paling banyak memberikan kontribusi pendapatan kepada publisher. Pengguna juga diuntungkan dengan adanya rewarded ads ini. Rewarded ads lebih banyak digunakan di dalam aplikasi permainan. Dengan iklan rewarded ads pengguna diberikan timbal balik keuntungan oleh iklan atas kejadian rertentu. Misalnya dengan melihat iklan rewarded ads maka akan deberikan keuntungan virtual seperti coin, poin, item virtual dan lainnya

Contoh rewarded ads (smartyads.com)

Iklan rewarded ads ini memiliki nilai ctr yang tinggi dan sangat terhindar dari false clik yang mungkin dilakukan oleh user.  Pengguna tidak dapat melakukan skip terhadap iklan yang tampil selama 15 detik maksimal. Dengan adanya hal ini jelas bahwa pengiklan sangat diuntungkan karena iklan yang mereka tayangkan akan terlihat dengan baik sampai selesai.

Share to the world !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*